Taksonomi Kognitif

Taksonomi untuk ranah kognitif terdiri dari enam klasifikasi utama yaitu: pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), aplikasi (application), analisis (analysis), sintesis (sysnthesis), dan evaluasi (evaluation) (Bloom et al., 1956, hal. 18). Uraian singkatnya dapat dilihat pada Tabel 1 di bawah.

Tabel 1 Taksonomi Ranah Kognitif

Klasifikasi Deskripsi Singkat Jenis
1. Pengetahuan Pengetahuan disini didefinisikan sebagai perilaku yang menekankan pada usaha mengingat ide-ide, pokok-pokok, atau fenomena-fenomena.Penyusunan jenis atau level pada klasifikasi ini berawal dari bentuk yang khusus dan nyata sampai pada yang kompleks dan abstrak. 1.10. Pengetahuan tentang hal-hal yang khusus

1.11. Pengetahuan tentang
terminologi

1.12. Pengetahuan tentang
fakta-fakta khusus

1.20. Pengetahuan tentang cara yang berhubungan dengan hal-hal
yang khusus

1.21. Pengetahuan tentang konvensi

1.22. Pengetahuan tentang kecenderungan dan urutan

1.23. Pengetahuan tentang klasifikasi dan kategori

1.24. Pengetahuan tentang kriteria

1.25. Pengetahuan tentang metodologi

1.30. Pengetahuan tentang hal-hal yang universal dan abstraksi

1.31. Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan
generalisasi

1.32. Pengetahuan tentang teori dan struktur

2. Pemahaman Pemahaman disini adalah perilaku atau respon yang menyatakan suatu pengertian terhadap pesan literal yang terkandung dalam
komunikasi.
2.10. Translasi2.20. Interpretasi

2.30. Ekstrapolasi

3. Penerapan Dalam ranah kognitif ini, taksonomi disusun berdasarkan suatu
hirarki dimana suatu klasifikasi akan tergantung pada klasifikasi lainnya yang lebih rendah. Oleh karena itu, penerapan akan berdasarkan pada pemahaman tentang metoda, prinsip, teori, atau
abstraksi.
4. Analisis Dalam analisis penekanannya pada kemampuan merinci sesuatu ke dalam bagian-bagian, mendeteksi hubungan antara bagian-bagian
tersebut dan mendeteksi dengan cara apa bagian-bagian tersebut
diatur.
4.10. Analisis tentang elemen-elemen4.20. Analisis tentang hubungan-hubungan

4.30. Analisis tentang prinsip-prinsip pengaturan

5. Sintesis Sintesis disini adalah memasang elemen-elemen dan bagian-bagian sehingga membentuk suatu keseluruhan. 5.10. Produksi komunikasi yang unik5.20. Produksi perencanaan

5.30. Penurunan dari sekumpulan hubungan yang abstrak

6. Evaluasi Didefinisikan sebagai membuat keputusan atau pertimbangan tentang nilai suatu ide, kerja, solusi, metoda dan sebagainya.  Evaluasi ditempatkan pada bagian akhir klasifikasi karena untuk melakukannya melibatkan pengetahuan, pemahaman, penerapan,
analisis, serta seintesis.
6.10. Penilaian dengan bukti-bukti internal6.20. Penilaian dengan kriteria-kriteria eksternal

Referensi

Bloom B. S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., & Krathwohl, D.R (1956). Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I: The Cognitive Domain. New York: David McKay Co Inc. File PDF tersedia pada http://ebookee.org/Taxonomy-of-Educational-Objectives-Handbook-1-Cognitive-Domain_462372.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s