Apakah pemanasan global dibuat oleh manusia?


Venus (http://id.wikipedia.org/wiki/Venus)

“Pemanasan Global” kalau kata itu dicari dengan menggunakan google search engine maka google akan mengatakan Sekitar 2,390,000 hasil (0.11 detik). Tapi coba “Penipisan Lapisan Ozon”, maka dia akan bilang “Sekitar 410,000 hasil (0.21 detik)”.

Pemanasan global memang menjadi isu yang menarik belakangan ini. Tampaknya setiap berbicara lingkungan hidup maka tidak lengkap kalau tanpa pembicaraan mengenai pemanasan global beserta dampaknya yang “mengerikan” itu.  Lebih dari itu, pemanasan global seakan-akan menjadi ideologi baru yang merasuk dan melandasi setiap aktivitas dan keputusan.

Dari data suhu permukaan bumi memang tampak kecenderungan suhu yang naik. Kecenderungan suhu tersebut kemudian dikaitkan dengan jumlah karbon-dioksida yang terus bertambah di atmosfer. Celakanya lagi, bertambahnya karbon-dioksida tersebut disinyalir akibat aktifitas manusia. Jadilah pemanasan global itu disimpulkan akibat manusia. Oleh karena itu kemudian orang ramai menggalakkan pencegahan pemanasan global tersebut. Suatu pemikiran yang logis.

Tapi apakah betul pemanasan global tersebut adalah karena semata-mata aktivitas manusia melemparkan karbon-dioksida ke atmosfer?? Betulkah meningkatnya jumlah karbon-dioksida di atmosfer selama ini yang menyebabkan pemanasan global?? Sejauh mana manusia sanggup mengendalikan iklim??

Disinilah perlunya data untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas. Namun data saja tidak cukup, karena ternyata data tersebut harus ditafsirkan dengan benar dan diperlakukan dengan sikap yang jujur, dengan integritas.

Baiklah, saya hanya ingin menyampaikan apa sudah banyak disampaikan oleh orang lain. Selain Al-gore dengan IPCC nya beserta ilmuwan-ilmuwan yang mendukungya itu, terdapat ilmuwan lain yang berbeda pendapat. Mereka berbeda pendapat dengan Al Gore dan tidak sepakat bahwa pemanasan global yang terjadi adalah akibat ulah manusia.

Di antara mereka itu adalah:
1. 31.487 orang ilmuwan amerika yang menandatangani petisi pemanasan global; (http://www.petitionproject.org/)
2.Daftar dari Wiki: (http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_scientists_opposing_the_mainstream_scientific_assessment_of_global_warming)

3. Stephen McIntyre (http://www.newstatesman.com)

Jadi, apa yang harus kita sampaikan pada anak-anak kita???


Artikel terkait:

One response

  1. […] Apakah pemanasan global dibuat oleh manusia? […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s