Perubahan Iklim atau Pemanasan Global?

Pengertian pemanasan global selalu dikaitkan dengan perubahan iklim.  Apa kaitannya?

=== Sebetulnya penulisan yang sesuai dengan EYD harusnya adalah pengubahan iklim bukannya perubahan iklim, karena kata dasarnya adalah UBAH bukan RUBAH….🙂 ===

Pertanyaan di atas itu sederhana (untuk sebagian orang) tapi saya pikir penting.  Lalu apa?

Kalau kita belajar klimatologi (ilmu mengenai iklim) maka akan ditemui apa yang disebut unsur-unsur iklim.  Unsur-unsur iklim yang utama adalah suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, curah hujan, durasi (lamanya) penyinaran matahari, kecepatan angin, serta perawanan, embun, dan kabut.  Unsur-unsur iklim juga merupakan unsur-unsur cuaca.

Dalam kaitannya dengan pemanasan global maka unsur iklim yang sering ditinjau adalah suhu.  Dari data suhu global yang dicatat sejak sejak 1850 tampak kecenderungan suhu yang meningkat.  Peningkatan suhu global tersebut tidak terjadi setiap tahun.  Itu artinya bahwa suhu pada tahun 2021 nanti belum tentu akan lebih tinggi dari tahun 2011 ini misalnya.  Jika dikatakan Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir itu berarti kita berhadapan dengan rata-rata suhu selama tahun tertentu dibandingkan dengan rata-rata suhu selama tahun tertentu lain yang dianggap normal.

Terjadinya peningkatan suhu rata-rata secara global tersebut maka itu berarti terjadinya pengubahan perubahan iklim secara global.  Hal itu juga berarti bahwa jika terjadi penurunan suhu rata-rata global, seperti juga pernah dialami bumi jutaan tahun yang lalu, maka telah terjadi pula pengubahan perubahan iklim global.

Sejarah Iklim di Bumi.

Sumbert Gambar:  http://www.scotese.com/images/globaltemp.jpg


Artikel terkait:

3 responses

  1. […] Perubahan Iklim atau Pemanasan Global? […]

  2. saya tanya ya… apa mungkin tahun 2021, suhu bumi akan turun karena kanaikan suhu setiapa kurun waktu gak tentu?

  3. erwinmaulana

    Iya mungkin, suhu rata-rata bumi pada tahun 2021 bisa jadi lebih rendah dari tahun 2011.

    Kita bisa membandingkan kemungkinan tersebut dengan melihat kembali data suhu global yang terekam. Saya membandingkan suhu di tahun 1998 dengan tahun 2008, ternyata suhu bumi tahun 1998 lebih tinggi dibandingkan dengan suhu bumi tahun 2008. (https://ermala.files.wordpress.com/2008/12/suhu962008__3df47ae0.jpg). Tingginya suhu tahun 1998 dipengaruhi oleh adanya elnino.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s