Bumi akan gelap pada tanggal 23 sd 25 Desember 2012?

Bumi akan gelap pada tanggal 23 sd 25 Desember 2012

“NASA memprediksi bumi akan gelap selama 3 hari di 23 desember – 25 desember 2012. Apakah ini suatu bencana atau malah anugrah? Lebih baik kita bersiap…..benar atau tidak semua adalah prediksi manusia.”

Demikian awal kira-kira petikan tulisan dalam sebuah blog yang menceritakan akan terjadinya sesuatu yang menghebohkan pada tanggal 23 – 25 Desember 2012 yang akan datang.   Entah dari mana asalnya informasi tersebut. Untuk menambahkan kredibilitas informasi maka nama NASA disebut-sebut sebagai sumber berita dalam informasi tersebut disertai dengan sebuah video yang berisi tentang penjelasan dari seorang staf NASA.  “NASA Predicts Total Blackout in Dec. 2012? – Urban Legends“,  “PREDIKSI NASA BUMI AKAN GELAP 23-25 DESEMBER 2012“, dan banyak lagi judul-judul artikel yang bisa dicari via internet.

Informasi tersebut menyebutkan,

“Ilmuan US memperkirakan perubahan alam semesta, kegelapan total pada planet (bumi, red) selama 3 hari dimulai pada 23 Des 2012.  Ini bukanlah akhir dari dunia, ini adalah “kesejajaran alam semesta”, dimana matahari dan bumi akan berada pada satu garis lurus untuk pertama kalinya. Bumi akan bertukar tem,pat dari dimensi ke 3 ke dimensi 0, lalu bertukar lagi ke dimensi ke 4. Selama perpindahan ini, seluruh alam akan menghadapi perubahan besar, dan kita akan melihat Dunia yang benar” baru.”

Terdapat banyak hal yang perlu dipertanyakan, “Apakah betul NASA yang pertama kali mengeluarkan pernyataan tersebut?”,  “Apa yang dimaksud dengan kesejajaran alam semesta?”, “Dimensi 0?” “Dimensi ke-4?” dll.

Saya tertarik dengan “kesejajaran alam semesta”. Dengan menggunakan software Stellarium, saya mencoba untuk melihat kedudukan benda-benda langit (Matahari, planet dll) pada tanggal 23 Desember 2012.

Nah …. hasilnya adalah:

Pada gambar tersebut, atmosfer bumi dianggap tidak ada sehingga langit berwarna hitam.  Memang ada 4 benda langit yang tampak sejajar: Matahari, Mars, Merkurius dan Venus.  Hanya 4 benda langit!  Mungkin “kesejajaran” itu yang dimaksud oleh penyebar informasi sebagai “kesejajaran alam semesta”!  (Keterlaluan memang!)

Lantas, dari mana dapat disimpulkan bahwa Bumi akan mengalami kegelapan total selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 23 – 25 Desember 2012?   Terus Bumi pidah dimensi, dari dimensi 0 ke dimensi ke-4.  (ini juga tidak kalah keterlaluannya!)

Saya mencoba memajukan simulator sehingga mencapai tanggal 13 Februari 2013.  Seperti tampak pada gambar di bawah:

Selain 4 benda langit sebelumnya, pada tanggal 13 Februari 2013 ini tampak Bulan pun ikut sejajar.  Seharusnya ini menjadi lebih luar biasa, namun karena fenomena tersebut terjadi pada siang hari maka  kedudukan benda langit tersebut tidak akan terlihat karena pada siang hari cahaya yang paling kuat adalah cahaya Matahari.  Jadi, dari mana ide kegelapan itu terjadi?

Pada tanggal 6 Juni 2012 yang lalu terjadi suatu fenomena langka, yaitu transit Venus.  Pada saat itu Venus benar-benar melintasi piringan Matahari.  Apakah Bumi menjadi gelap?  Sama sekali tidak!

Transit Venus dilihat dari Bandung pada tanggal 6 Juni 2012
*) Simulasi menggunakan Stellarium

Nah … Ternyata sebetulnya video yang disisipkan pada informasi tersebut, sama sekali tidak menceritakan tentang “kegelapan bumi”.  Video tersebut hanya bercerita tentang kesiagaan individu/keluarga NASA terhadap kemungkinan bencana yang umum seperti siklon tropis, gempabumi etc.  Video tersebut resmi dikeluarkan oleh NASA seperti dapat dilihat di websitenya: http://www.nasa.gov/centers/hq/emergency/personalPreparedness/index.html.

13 responses

  1. saya mau bertaya apkah benar bumi akan gelap

  2. erwinmaulana

    Informasi mengenai bumi yg akan mengalami kegelapan selama 3 hari tsb. tentu saja tidak benar.

  3. biarin aja mau gelap 3 hari biar para koruptor bingung dengan harta nya hhhhhhhhhhhhhhhhhh

  4. kalau benar2 terjadi berarti besok ni gelapnya..
    terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali

  5. ya aku juga bingung apa itu bener ?

  6. hr ini sudah tgl 23..dan tidak ada kegelapan,,sebaiknya admin jgn bikin panik org2 yg takut

  7. ga masuk akal

  8. Dipastikan bumi akan menjadi gelap. Cuma bukan 3 hari seperti yg diberitakan. Melainkan setiap hari. Kalau di Jakarta dan sekitarnya dimulai sekitar jam 6 sore dan akan berakhir keesokannya sekitar jam 5.45 pagi

    Dan itu berulang dan berulang terus. Jadi untuk yang mengalami ketakutan bumi gelap bersiap siaplah, mandi, makan malam, gosok gigi, ganti baju, berdoa, rebahan di ranjang dan pasang weker jam 6.00 pagi

    Ini bukan becandaan, karena ini suatu keseriusan yang selalu terjadi bahkan tanpa kita sadari sekalipun kalau kuasa Tuhan itu dahsyat

  9. secara logika aja, gerhana matahari aja ga semua bagian bumi jadi gelap, memang ada titik titik dimana bumi menjadi gelap, tapi tidak gelap total pada keseluruhan planet bukan? kalaupun semua planet di tatasurya benar benar sejajar, posisi bumi yang berjutajuta kilometer dan ukuran planet yang ada diantara bumi dan matahari lebih kecil tidak memungkinkan untuk membuat bumi menjadi gelap total. itu cuma opini sih hehehe

  10. soalnya di kitab2 tafsiran alqur’an tentang kiamat disebutkan bahwa 500 tahun sebelum kiamat terjadi matahari akan terbit dari barat hanya satu hari saja keesokannya kembali normal, dan sebelum matahari terbit dari arah barat, terjadi malam selama 3 hari,,, maka setelah malam berturut-turut keesokan harinya matahari terbit dari arah barat menurut saya ini bukan benar2 terbit melainkan tampiasan cahaya matahari dari planet,, tobat ajalah,, hehehe

  11. Muthiara putri aliyu

    Yang jelas sekarang kan bumi tidak gelap, jadi semuanya TIDAK BENAR.

  12. erwinmaulana

    Ya … secara logika, hanya planet-planet inferior yang bisa mengalami transisi (posisinya berada di antara Matahari dan Bumi) yaitu Merkurius dan Venus. Planet Mars, Jupiter dst. (planet-planet superior) lintasan orbitnya berada di luar lintasan orbit Bumi, jadi tidak akan mengalami transit. Sehingga dilihat dari Bumi, mereka (planet-planet superior) tidak akan pernah menutupi Matahari.

  13. erwinmaulana

    hr ini sudah tgl 23..dan tidak ada kegelapan,,sebaiknya admin jgn bikin panik org2 yg takut

    Maaf, justru dari awal saya sudah menuliskan bahwa kegelapan tsb. tidak benar. (lihat artikel dan komen sebelumnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s