Interpretasi sebuah kebenaran, dua jenis rambut iklan sampo, dan lain-lain.

___(1)___
Anak perempuan saya 4 tahun umurnya. Dia seperti saya, berambut ikal. Tapi dia suka sedikit rewel kalau sudah mandi dan keramas, tidak seperti saya. Persoalannya sederhana bagi saya tapi mungkin tidak sederhana bagi dia: rambut yang ikal itu!

Barangkali keramas menyadarkan dia tentang rambutnya yang ikal, jenis rambut yang katanya tidak bagus. Gila, katanya. Entah dari mana ketidakkebenaran yang dia pegang itu berasal. Saya menduga informasi itu berasal dari iklan sampo di tv.
Tapi terkadang iklan-iklan di tv manipulatif juga. Dasar apa yang dipegang sehingga rambut lurus itu lebih baik dari rambut bergelombang atau keriting?

Sekarang persoalan dia bertambah bukan hanya sampo tapi juga sabun mandi. Dia sekarang menyukai sabun mandi tertentu yang katanya biar putih cemerlang. Lagi-lagi iklan tv dan lagi-lagi saya hanya bisa menyalahkan diri karena membiarkannya menonton tv tanpa penjelasan.

___(2)___
Pada dasarnya, hemat saya, acara tv adalah rekayasa. Persoalan yang menimpa balita itu mungkin saja secara tidak sadar pula menimpa siapa saja. Tentu saja tidak berkaitan dengan sampo dan sabun mandi, tapi dengan sesuatu yang serius seperti: sosbudhankampol misalnya.

Bisa jadi kita menginterpretasikan realitas tertentu sesuai dengan apa yang diinformasikan tv. Jika tv memberitakan bahwa anggota dewan yang terhormat yang rambutnya lurus itu lebih baik kinerjanya dibandingkan dengan yang berambut ikal maka kita dengan spontan menerima itu sebagai sebuah kebenaran, tanpa kritik?

___(3)___
Saya tidak membenci tv, makanya saya membeli sebuah tv. Menonton tv mungkin sebaiknya tidak sekedar dengan menggunakan mata tapi juga juga dengan dibarengi akal sehat.

___(4)___
Mudah-mudahan akal saya masih sehat!

 

August 1, 2010 at 3:27am

Leave a Reply

