Pemberontakan

Ketika pengharapan tak segera terkabul, terkadang ia akan melahirkan pertanyaan, keraguan, dan perlawanan. Seperti halnya perlawanan yang berupa sikap apatis tokoh Pak Haji (dalam Harimau-harimau nya Muchtar Lubis) yang berasal dari doa nya pada tuhan yang tak terkabul serta dari harapan-harapannya pada manusia yang sia-sia. Pak Haji mengambil jarak pada manusia dan tuhan dengan cara berhenti berdoa dan berhenti mengharap pertolongan manusia. Berhenti! Tidak mau diganggu dan tidak ingin mengganggu manusia serta tuhan.

(Tokoh Pak Haji beruntung lahir dari tangan seorang Muchtar Lubis. Pada akhir riwayatnya, perlawanan Pak Haji berakhir dan berubah menjadi kesadaran tentang cinta dan kepasrahan diri pada tuhan. Husnul Khotimah!)

—-

Perlawanan pada dewa menjadi latar cerita Clash of The Titans (2010) sebuah cerita berdasarkan mitos Perseus. Doa yang tidak terkabul, dendam, serta perasaan agung manusia menjadi alasan perlawanan manusia pada dewa, walaupun toh pada dasarnya manusia tidak dapat mengalahkan dewa.

Ketika manusia memberontak, tidak lagi berdoa, patung Zeus dirobohkan, ketika itu dewa Hades meminta ijin pada Zeus untuk menghukum manusia. Walaupun Zeus mengijinkan tapi ia sangat mencintai manusia. Usaha Hades digagalkan oleh Perseus yang secara tidak langsung dibantu oleh Zeus sendiri.

—-

 

May 12, 2010 at 3:09am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s