Perjalanan ke Timur dan mungkin Saya yang salah

Saya hendak ke gunung galunggung saat itu, sekitar tahun 1996 an. Naik bis dari Cicaheum merk Budiman kalo gak salah. Duduk nyaman di bangku belakang sambil menguapkan pikiran. Ada satu kejadian yang menarik perhatian saya, di kursi depan, di atasnya, tepatnya di tempat penyimpanan tas yang biasa berada di atas kepala penumpang itu: sebuah tas hampir jatuh!

Pikiran yang tadi menguap sekarang mengembun, berkumpul lagi di bawah rambut. Apa yang dapat saya lakukan dengan apa yang lihat tersebut. Kemungkinan tas itu akan jatuh jika bis berbelok dengan kecepatan yang tepat. Saya membuat dua pilihan: memberi tahu penumpang-pemilik tas itu atau membiarkannya jatuh dan menimpa orang yang berada dibawahnya. Mungkin mudah membuat pilihan-pilihan tersebut. Tapi sebuah pilihan haruslah ditindaklanjuti dan sebelumnya tentu saja harus diputuskan. Membuat keputusan, inilah problemnya.

Tentu saja saya mengambil keputusan dan akhirnya tas itu benar-benar jatuh menyerempet orang yang berada di bawahnya. Tapi tidak ada yang terluka. Walaupun begitu ada sesuatu yang menggores benak saya. Sedikit goresan yang membuat saya tidak nyaman. Ketidaknyamanan yang tidak akan timbul jika saya memberitahu orang itu. Nah ini yang mungkin anda maksud dengan moral (apa moralitas).

Jika suatu keputusan apa pun yang diambil berdasarkan pada rasa nyaman atau tidak nyamannya, berdasarkan bahagia atau tidak bahagianya, maka saya menyebut ketupusan itu berpaham egoisme. Banyak kejadian yang jika diperhatikan dengan teliti akan membuktikan bahwa sebagian besar dunia ini diisi oleh paham egoisme. Egoisme akan ikut mewarnai cinta, seni, pekerjaan, bahkan bisa jadi aktivitas beragama.

Namun, sejauh yang dimaksud dengan kebenaran adalah kesesuaian dengan aturan maka sependek ini saya tidak mengatakan bahwa egoisme itu salah, bukan???

 

April 14, 2010 at 5:04pm

Leave a Reply

