Tekstil, Gayus, dan Dekonstruksi

Sudah lama saya sedikit curiga terhadap hubungan antara istilah teks dengan tekstil,  tapi saya tidak mencari upaya lebih jauh untuk memperdalam kecurigaan tersebut.   Sampai suatu saat saya menemukan hubungan istilah teks dengan tekstil itu dengan cara yang tidak sengaja yaitu ketika saya membaca suatu tulisan yang membahas pemikiran Jacques Derrida, filosof dari Perancis itu.  Saya menemukan bahwa istilah teks berasal dari bahasa latin texere yang berarti menenun.

Sebuah teks, kata Derrida, merupakan suatu jalinan dari teks dalam arti ia tidak pernah berdiri sendiri.  Sebuah teks merupakan sebuah bekas.  Bekas yang ditandai melalui teks itu juga adalah sebuah bekas dari yang lain.

Bayangkanlah sebuah bercak hitam (kopi) yang cenderung melingkar di atas meja.  Bercak itu merupakan bekas secangkir kopi.  Kehadiran bercak tersebut menunjukkan bahwa ada secangkir kopi di atas meja itu yang walaupun cangkir itu sudah tidak terlihat lagi di atas meja.   Namun bagi Derrida, secangkir kopi itu juga merupakan sebuah bekas.  Bekas bahwa ada orang yang menyeduhnya, ada kopi dan gula yang diaduk.  Dan orang, kopi, dan gula pun merupakan bekas yang menunjukkan kehadiran yang lainnya.  Dengan demikian terjalinlah suatu teks itu.

Jalinan teks itu dapat dibongkar.  Derrida menyebutnya mendekonstruksi sehingga menghasilkan teks lain yang mengatasi (menjelaskan) teks-teks itu.  Teks yang menjelaskan teks-teks lain itu dinamakan metateks.

Jadi ketika saya menempatkan kasus Gayus sebagai sebuah teks, maka, dalam perspektif Derrida, saya melihat adanya kasus-kasus lain.  Oleh karena itu, kasus-kasus itu harus dibongkar atau didekonstruksi sehingga ditemukan metakasus yang menjelaskan semuanya.

 

Paling tidak itu yang saya pahami!

 

January 21, 2011 at 4:15pm

Leave a Reply

