Sinkronisasi Waktu

Jam dinding di ruangan saya menunjukkan jam 15.10. Sementara jam di komputer saya menunjukkan jam 3.00. Di HP saya menunjukkan jam 15.05. Mana yang bener???

Dulu saya suka mencocokkan jam dengan siaran berita TVRI yang disiarkan tiap jam 21.00.   Sekarang tampaknya sudah tidak dapat lagi dilakukan.

Penentuan waktu yang tepat itu penting. Karena bisa jadi berkaitan dengan ritual ibadah yang kita lakukan. Setiap mau adzan misalnya, muadzin akan melihat jam yang berada di dinding mesjid. Dengan asumsi jam itu tepat, maka adzan dikumandangkan. Tapi betulkah jam itu tepat? Kalaupun tidak tepat kita masih beruntung karena Tuhan kita maha pemaaf!

Sebetulnya sekarang kita dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan jam atom melalui internet. Untuk keperluan yang tidak membutuhkan akurasi yang tinggi, saya pikir kita dapat memanfaatkannya.

Jam atom sendiri merupakan sebuah jam yang dirancang berdasarkan frekuensi atom Cessium 133. Sebuah jam yang memiliki akurasi dan presisi yang tinggi. Puluhan negara sudah mengopersikan jam tersebut yang kemudian dikoordinasikan oleh BIPM (http://www.bipm.org/) untuk menghasilkan waktu UTC (http://en.wikipedia.org/wiki/Coordinated_Universal_Time). UTC berbeda dengan GMT sepersekian detik, sehingga untuk kerperluan yang tidak membutuhkan akurasi tinggi perbedaan tersebut dapat diabaikan.

Salah satu lembaga yang memiliki jam atom dan memancarkan “master waktu” adalah NIST (http://www.nist.gov/index.html) di US. Pada awalnya, master waktu tersebut dipancarkan dalam gelombang radio frekuensi tertentu. Dengan perkembangan teknologi, maka kini kita dapat mendapat master waktu tersebut melalui internet.

Sinkronisasi Waktu via Internet
Sinkronisasi jam komputer dengan UTC (NIST) dapat dilakukan dengan mudah. Yaitu:
(Saat ini saya menggunakan sistem operasi windows Vista)
1. Aktifkan konfigurasi tanggal waktu komputer.

2. Pilih Additional Clocks untuk menyesuikankan waktu GMT seseuai letak geografis kita, karena saya di bandung saya pakai GMT +7

3. Pilih tab Internet Time dan kemudian pilih Change Settings
4. Pilih server ( saya pilih time.nist.gov) lalu OK!
5. Selesai

Nah sekarang jam komputer kita sudah tersinkronkan dengan jam master NIST.

Server juga disediakan oleh LIPI (http://time.kim.lipi.go.id/), sinkronisasi dapat dilakukan terhadap server ini dengan mengakses: ntp.kim.lipi.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s